Blogroll

Sabtu, 17 Juni 2017

Ini Kue Paling Di Buru Saat Ramadhan di Gorontalo


Bulan Ramadhan selalu ditunggu oleh kaum muslim diseluruh dunia, tidak terkecuali masyarakat Gorontalo yang mayoritas beragama Islam. Di Gorontalo, pada bulan puasa bakal bermunculan pedagang kue musiman yang berjejeran disepanjang jalanan Gorontalo. Salah satu kue yang diperjual belikan adalah Kue Lopes atau Lupis. Ada yang belum pernah dengar namanya?

Kue Lopes memang banyak dijumpai saat bulan puasa. Kue ini bisa dikatakan sebagai ikon nya jajajan kue di Gorontalo selama bulan suci ramadhan. Bagaimana tidak, kue Lopes sangat sulit ditemui saat bulan bulan lain diluar bulan ramadhan. 

Kue yang terbuat dari tepung beras, santan, penyedap rasa dan kelapa yang belum terlalu tua ini sangat sedap dinikmati saat berbuka puasa. Apalagi saat dilumuri gula merah cair. Sensasinya sungguh lezat.

Zaman dulu bentuk kue Lopes hanya berbentuk bulat, namun dalam beberapa tahun belakangan mulai muncul  bentuk lain dari kue Lopes. Salah satunya berbentuk segitiga dan lazim disebut Kue Lopes Segitiga. Untuk warna kue nya sendiri terdiri dari warna hijau yang terbuat dari pondan, warna merah rasa strawberry  dan warna putih vanilla. Untuk cairan gula merah  ada yang rasa original dan durian.

Untuk harganya sangat terjangkau. Hanya dengan 5000 perak, kamu bisa membawa pulang 4 potong kue Lopes sebagai menu ta'jil untuk berbuka puasa bareng keluarga tercinta. tidak sulit menemukan kue ini saat bulan ramadhan. Hampir disepanjang jalanan Kota Gorontalo banyak penjaja kue tradisional ini.

Ayo berburu kue Lopes,guys !!!


Resep Kue Lopes

Bahan ~ bahanya
2 cangkir beras ketan
2 cangkir santan cair dari 1/2 butir kelapa
7 helai daun pandan di blender dengan air putih,jadikan untuk 1/2 cangkir
1 sdt air kapur sirih
1/2 biji kelapa parut muda,di kupas kulitnya
Garam secukupnya

Bahan B ( air gula )
1 cangkir air
1/2 cangkir serbuk gula merah
1/2 cangkir gula pasir
2 helai daun pandan ( di ikat )

Cara membuat
1" cuci beras ketan dan rendam selama 1 - 2 jam
2" masukan semua bahan ke dalam loyang kecuali kelapa parut,kukus selama 30 menit
3" rebus baham B sehingga mendidih dan saring lalu ketepikan
4" angkat beras ketan yng sudah di kukus tadi,bungkus menjadi segi tiga dengan daun pisang lalu kukus kembali selama 15 menit
5" angkat dan taburi dengan kelapa parut yng sudah di campur dengn sedikit garam
Lalu hidangkan dengan air gula merah

Sumber resep: http://taryatinurjamal.blogspot.co.id/2013/06/kue-lopes.html

0 komentar:

Posting Komentar