Blogroll

Rabu, 21 Juni 2017

Festival Cahaya di Gorontalo Yang Mirip Deepavali di India





Bulan suci Ramadhan akan segera berakhir. Hanya dalam hitungan hari, bulan suci kaum muslim ini akan meninggalkan kita semua. Di Gorontalo, ada sebuah tradisi di penghujung Ramadhan yang dijaga dan dilestarikan secara turun temurun.


Tumbilotohe namanya. Tumbilotohe berasal dari bahasa Gorontalo yang artinya "Pasang Lampu". Tradisi ini mirip dengan tradisi "Deepavali" yang kesohor di India. Jika di India festival Deepavali sering disebut Pesta Cahaya maka Tumbilotohe bisa dikatakan "Lautan Cahaya". Setiap sudut kampung kampung di Gorontalo bersolek dalam menyambut tradisi ini.

Tradisi Tumbilotohe sudah ada sejak abad ke-15. Ketika itu penerangan masih berupa Wango-Wango yaitu alat penerangan yang terbuat dari Seludang yang dihaluskan dan diruncingkan. Namun zaman sekarang keberadaan Wango Wango sudah digantikan oleh lampu botol yang bahan bakarnya adalah minyak tanah.

Malam Tumbilotohe sarat akan makna keagamaan. Perayaan di 3 hari terakhir bulan ramadhan diyakini masyarakat Gorontalo sebagai penerang dalam menjalankan ibadah puasa, terutama dalam mencari malam Lailatul Qadar yang diyakini keberadaanya di tiga malam terakhir bulan puasa.

Festival Tumbilotohe sering dilombakan antar kampung, bahkan antar kecamatan di seluruh Provinsi Gorontalo. Walaupun pemakaian lampu botol sudah mulai digantikan oleh lampu listrik, namun tidak mengurangi kemeriahan festival tumbilotohe itu sendiri.




Beberapa sudut kota Gorontalo yang wajib didatangi saat perayaan tumbilotohe yakni Jembatan Talumolo 1 dan 2, Lapangan Tapa, Lapangan Kabila hingga Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Biasanya kawasan tersebut sesak dipenuhi pengunjung yang sekedar mengabadikan indahnya kerlap kerlip lampu Tumbilotohe.

Gimana? Tumbilotohe ga kalah keren dengan Festival Deepavali di India sana kan?
Makanya ga usah jauh jauh ke India untuk menikmati pesta cahaya, cukup ke Gorontalo saja.

Ayo Ke Gorontalo, Luar biasa !!!

0 komentar:

Posting Komentar