Blogroll

Senin, 05 Juni 2017

5 Spot wisata di Gorontalo yang bisa kamu kunjungi sambil pake bentor.

Gorontalo sangat identik dengan Bentor, yang merupakan transportasi khas Gorontalo. Yah, sekilas mirip becak lah, namun dipakein sepeda motor. Bentor sangat banyak di Gorontalo, saking banyaknya malah ada ujar ujaran bahwa populasi bentor lebih banyak dari populasi masyarakat Gorontalo itu sendiri. Wahahahaha.
Kita ga bakalan ngomongin sejarah bentor sih, lebih ke fungsinya sebagai alat transportasi. Sobat Atupato pada tau ga, kalo bentor bisa dijadikan teman untuk mengeksplore indahnya Kota Gorontalo. Kalian bisa menggunakan bentor untuk mengunjungi beberapa spot wisata di Kota Gorontalo. Yuk simak daftar lokasinya di bawah ini.
1. Lapangan Taruna remaja (alun alun)
Ini nih spot pertama yang bisa kamu kunjungi sembari naik bentor. Namanya Lapangan Taruna Remaja. Lapangan ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda loh. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat kongkow anak muda di Kota Gorontalo. Di lapangan inilah berdiri tegak patung pahlawan nasional dari Gorontalo, Bapak H. Nani Wartabone. Jaraknya kurang lebih 5 menit dari pusat kota. Semua abang bentor tahu lokasi ini. So, kamu ga perlu khawatir untuk kesasar.



2. Klenteng Tian Hou Kiong (Tulus Harapan Kita)
Ga jauh dari lapangan Taruna Remaja, berdiri sebuah klenteng dengan desain minimalis. Namanya klenteng Tian Hou Kiong atau dalam bahasa Indonesia disebut Klenteng Tulus Harapan Kita. Klenteng ini sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu. Klenteng ini dibangun oleh masyarakat etnis Tionghoa yang dulunya datang ke Gorontalo sebagai pedagang. Untuk menghormati leluhurnya maka mereka mendirikan klenteng sebagai tempat beribadah.



3. Kota Tua
Sepelemparan batu dari lokasi Klenteng Tian Hou Kiong berada terdapat kawasan yang banyak berjejer bangunan tua. Kawasan ini sejak dulu sampai sekarang menjadi pusat bisnis di Kota Gorontalo. Kawasan yang sering disebut sebagai kawasan Pasar Satya Pradja ini sangat identik dengan bangunan bangunan bercita rasa "Holland".

4. Mesjid Hunto
Gorontalo sering dijuluki sebagai Serambi Medinah karena masyarakatnya yang Islamis dan menjunjung tinggi falsafah agama Islam dalam kehidupan sehari harinya. Ga heran jika di Gorontalo banyak terdapat mesjid sebagai rumah ibadah agama Islam. Nah, di Gorontalo ada satu mesjid yang keberadaannya sudah ada sejak tahun 1495 M. Konon mesjid ini merupakan mahar pernikahan antara raja Amay yang kala itu menguasai jazirah Gorontalo dengan seorang putri dari kerajaan Palasa. Letak mesjid ini berada di kelurahan biawu, kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.

5. Pantai Indah Tangga 2000
Nah destinasi terakhir yang bisa kamu kunjungi sambil naik bentor adalah kawasan Pantai Indah Tangga 2000 yang berada di Kel. Pohe, Kec. Hulontalangi. Berjarak kurang lebih 15 menit dari pusat kota, kamu bisa menikmati sore yang indah nan romantis di Pantai Indah ini. Ga cukup hanya menikmati deburan air laut dan hembusan angin, kamu wajib menikmati jagung bakar ala Gorontalo disini. Jangan lupa untuk berselfie ria dengan backgroud jejak kaki LAHILOTE (legenda rakyat Gorontalo) yang terdapat di pantai Indah ini.



Itu dia spot wisata yang bisa kamu jelajahi dengan naik bentor, untuk estimasi sewa bentornya sekitar 20,000-50,000 untuk keliling Kota Gorontalo. Tapi ingat, kamu harus pintar nawar dan nawarnya di awal yaa guys.

0 komentar:

Posting Komentar